Gunung Vesta Gunung Tertinggi di Dunia

| | 0 komentar

Gunung Vesta Gunung Tertinggi di Dunia.  Gunung tertinggi di dunia sekarang bukan lagi Everest namun Gunung Vesta. Hal ini setelah setelah ditemukannya foto Gunung Vesta di daerah kutub Selatan, Asteroid Vesta. Foto Gunung Vesta baru dirilis Senin malam (10/10), menunjukkan puncak gunung tertinggi Vesta naik hampir 13 mil (22 kilometer) di atas daerah kasar sekitarnya. Gambar itu direkam oleh pesawat ruang angkasa Dawn milik NASA, yang saat ini mengorbit Vesta.

Gunung Vesta hampir tiga kali lebih tinggi sebagai Mt. Everest, gunung tertinggi di dunia, jika dihitung dari tinggi permukaan laut dan lebih dari dua kali tinggi gunung berapi tertinggi di planet bumi, Mauna Loa di Hawaii, yang setinggi 6 mil (9 km) lantaran beberapa strukturnya terendam air.
Gunung tersebut juga hampir setinggi gunung tertinggi dan gunung berapi di tata surya, Olympus Mons di Mars, yang menjulang setinggi 15 mil (24 kilometer) di atas permukaan planet merah tersebut.
Untuk mempelajari gunung tertinggi Vesta, ilmuwan NASA menciptakan gambar baru menggunakan data dari model bentuk asteroid, berdasarkan pengamatan dari pesawat ruang angkasa Dawn. Gambar yang dihasilkan menunjukkan pandangan miring dari wilayah kutub selatan Vesta, dengan resolusi 300 meter per pixel dan skala vertikal sekitar 1,5 kali dari satu horisontal.
Pesawat Dawn senilai US$ 466 juta dirancang untuk mempelajari Vesta, asteroid kedua terbesar di tata surya dan sebagai bagian dari misi untuk belajar dua batuan ruang angkasa raksasa di sabuk asteroid yang mengelilingi matahari di antara orbit Mars dan Jupiter.
Dawn tiba di orbit sekitar Vesta pada Juli lalu dan diharapkan akan menghabiskan waktu satu tahun untuk mempelajari objek, sebelum pindah ke asteroid terbesar di tata surya, Ceres, yang juga diklasifikasikan sebagai planet kerdil.
Sekarang Mt Everest bukan lagi gunung tertinggi didunia, tetapi Gunung Vesta adalah Gunung Tertinggi di Dunia.

0 komentar:

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Posting Komentar

 

Blog Sahabat

Recent Comment

© Copyright 2010. yourblogname.com . All rights reserved | yourblogname.com is proudly powered by Blogger.com | Template by o-om.com - zoomtemplate.com