Kemacetan kendaraan hingga luar Bakauheni

| | 0 komentar

Kemacetan arus balik kendaraan pemudik dari Pulau Sumatera tujuan Jawa sudah mencapai luar Pelabuhan Bakauheni Lampung karena ramainya kendaraan pada H+4 Lebaran, Minggu.
Kemacetan tersebut terjadi sejak Minggu siang hingga malam hari karena arus kendaraan terus berdatangan dari arah jalan lintas Sumatera, demikian pantauan ANTARA di Pelabuhan Bakauheni.
Kendaraan yang akan menyeberang ke Pelabuhan Merak tersebut macet sepanjang dua kilometer, mengular keluar pintu pelabuhan dari arah Kota Bandarlampung.
Pemicu kemacetan, selain arus balik kendaraan meningkat, juga ada truk antre yang memanjang di pintu pelabuhan hingga mengganggu kendaraan lain yang akan masuk pelabuhan.
Para sopir mengira truk terutama yang membawa nonsembako mulai Minggu (4/9) sudah boleh menyeberang. Namun karena arus kendaraan terus meningkat, truk tersebut belum diizinkan menyeberang.

Sementara itu, loket eletronik untuk kendaraan hanya tersedia lima unit sehingga tidak mampu mengimbangi ramainya kedatangan kendaraan tersebut.

Kemacetan juga terjadi di jalur lintas pantai timur dengan panjang kemacetan mencapai satu kilometer dari pertigaan antara jalur lintas tengah dan jalur lintas timur atau sekitar satu kilometer dari pintu masuk pelabuhan.

Selain itu, di Pelabuhan Bakauheni sejak pagi hingga malam hari juga dipadati kendaraan yang akan menyeberang sehingga penumpukan kendaran semakin parah dan bertambah panjang.

Seluruh dermaga tersebut dipadati kendaraan berbagai jenis dari sepeda motor, mobil pribadi, dan bus penumpang yang menunggu diseberangkan ke Pelabuhan Merak.

Setiap kapal yang bertolak dari lima dermaga tersebut dipadati kendaraan roda dua dan roda empat yang jumlahnya mencapai ribuan unit terutama sepeda motor.

Setiap keberangkatan kapal kendaraan roda dua berebut memasuki kapal bahkan sebagian pengendara ada yang terjatuh saat berada di pintu masuk kapal tersebut.

Berdasarkan data hingga Minggu sore jumlah kendaraan yang menyeberang dari Bakauheni menuju Pelabuhan Merak mencapai sekitar 30.453 unit baik roda dua, roda empat, bus dan truk sembako.

0 komentar:

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Posting Komentar

 

Blog Sahabat

Recent Comment

© Copyright 2010. yourblogname.com . All rights reserved | yourblogname.com is proudly powered by Blogger.com | Template by o-om.com - zoomtemplate.com